Pemko Serahkan Bantuan Alsintan Untuk 13 Poktan



Lhokseumawe – Dukungan Pemerintah terhadap para petani  dalam dalam upaya merealisasikan Undang-Undang nomor 41 tahun 2009 tentang perlindungan lahan pertanian pangan, yaitu dengan menyalurkan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan). Pemanfaatan alsintan akan mendukung upaya pemecahan masalah tenaga kerja disektor pertanian juga meningkatkan produksi dan produktivitas hasil pertanian.

Penjabat (Pj) Wali Kota Lhokseumawe A Hanan menyerahkan langsung bantuan alsintan kepada 13 Kelompok Tani (Poktan) di wilayah Pemerintah Kota (Pemko) Lhokseumawe, yang bersumber dari APBN Kementerian Pertanian Tahun Anggaran 2024. Penyerahan bantuan alsintan tersebut berlangsung di Gampong Cot Trieng, Kecamatan Muara Satu, Rabu (12/6/2024).

A Hanan mengatakan, tersalurnya bantuan alsintan dari Kementerian Pertanian merupakan upaya Pemko Lhokseumawe serius dalam meningkatkan kesejahteraan para petani. Bantuan ini dapat memberi dampak yang baik dibidang pertanian.

“Ini adalah bantuan pemerintah pusat dalam rangka mendukung ketahanan pangan nasional dan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Adanya bantuan ini memberi motivasi untuk memantapkan hasil pertanian dan meminimalisir biaya yang harus dikeluarkan petani atau masyarakat. Bantuan ini juga bukan terbatas untuk dimanfaatkan oleh petani atau kelompok tani, masyarakat yang mempunyai lahan untuk dikelola sebagai lahan pertanian juga dapat memanfaatkannya.

“Saya berharap, alsintan ini harus dikelola dengan manajemen yang baik dan adanya operator yang memiliki tanggungjawab untuk menjaga dan merawat alsintan tersebut,” harapnya.

A Hanan juga meminta kepada Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian dan Pangan (DKPPP) dan Camat Muara Satu untuk melakukan pengawasan dan pengawalan terhadap pemanfaatan alsintan yang telah diserahkan melalui 13 poktan.

Adapun jenis bantuan alsintan yang diserahkan oleh Kementerian Pertanian melalui Pemko Lhokseumawe yaitu, Hand Traktor jenis Singkal lima unit, Hand Traktor jenis Rotary lima unit dan Traktor roda empat sebanyak tiga unit. 

Turut hadir dalam penyerahan tersebut, Pj. Ketua TP PKK Lhokseumawe, Ketua DWP Lhokseumawe, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Lhokseumawe, Kepala DKPPP Kota Lhokseumawe, Camat Muara Satu, Danramil Muara Satu, Keuchik Gampong Cot Trieng dan Tokoh Masyarakat.[am]

Post a Comment

Previous Post Next Post