Kenang Jasa Pahlawan, TNI Buka Jalur Menuju Makam Cut Meutia Di Aceh Utara

 



ACEH UTARA - Mengenang jasa Pahlawan Nasional Perempuan asal Aceh, yakni Cut Nyak Meutia, TNI dari satuan Kodim 0103 Aceh Utara, kembali membuka jalur akses jalan menuju makam pahlawan tersebut, yang sudah belasan tahun tertutup oleh semak belukar, sejauh dua kilometer.

Makam Pahlawan Nasional Cut Nyak Meutia, atau saat ini dikenal Cut Meutia, yang berada dikawasan pedalaman Aceh Utara, tepatnya berjarak 22 kilometer dari Desa Alue Rime, Kecamatan Pirak Timu itu, kembali dibuka oleh pihak TNI, dari Satuan Kodim 0103/Aceh Utara, yang langsung di awasi oleh prajurit dari Koramil 28/Pirak Timu, Jumat (12/07/2024).

Dandim 0103/Aceh Utara Letkol Kav Makhyar S.T.,M.M.,M.H.I., mengatakan pembukaan jalan yang saat ini tengah dilaksanakan menggunakan satu unit alat berat eskavator, untuk mempermudah akses menuju makam Pahlawan Nasional Cut Meutia. 

Dandim menambahkan, sebelumnya peziarah hanya bisa melintasi jalur sungai dengan medan yang licin dan berbahaya, selama satu jam berjalan kaki dimulai titik jembatan gantung, dengan dibukanya jalur ini, nantinya pejiarah hanya membutuhkan waktu 15 menit menggunakan kendaraan roda dua langsung sampai makam.

"Program pembukaan jalan menuju makam pahlawan ini, merupakan wujud kepedulian TNI dari Kodim 0103/Aceh Utara, guna mempermudah masyarakat yang ingin berziarah kemakam Pahlawan Cut Meutia", terangnya.

Dandim berharap dengan dibukanya akses ini, masyarakat semakin sering berkunjung guna mengingat jasa jasa Pahlawan Cut Meutia, serta mendoakan para pahlawan nasional yang telah merebut kemerdekaan Republik Indonesia.

Mudawali selaku juru kunci makam Pahlawan Cut Meutia, manyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh unsur TNI, yang telah kembali membuka jalur akses menuju ke makam.

"Sebelumnnya untuk menuju kemakam aksesnya hanya bisa dilalui dari alur sungai, sepanjang dua kilometer lebih, namun kini alhamdulillah kendaraan roda dua bisa langsung sampai kemakam", ucapnya. 

Untuk diketahui, program pembukaan jalur menuju makam Pahlawan Nasional Cut Meutia, yang di laksanakan oleh pihak Kodim 0103/Aceh Utara, selain wujud peduli terhadap jasa para pahlawan terdahulu, kegiatan ini juga dalam rangkaian menyambut hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 79 tahun 2024.[am]

Post a Comment

Previous Post Next Post