Amrullah: Generasi Muda Punya Peran Promosi Wisata Aceh Timur

 


IDI RAYEUK -- Penjabat Bupati Aceh Timur Amrullah membuka acara grand final dan penobatan Agam Inong Duta wisata Kabupaten Aceh Timur tahun 2024.

Acara meriah ini diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) di Aulan MAN IC Idi, Kamis 29 Agustus 2024.

Dalam sambutannya berharap Pelaksanaan kegiatan pemilihan agam inong Aceh Timur  yang  dilaksanakan  merupakan salah satu upaya untuk mempromosikan potensi wisata di Aceh Timur.

"Generasi muda berperan penting dalam mengangkat dan mempromosikan pariwisata di daerah, terlebih di era digital saat ini," ujar Amrullah.

Amrullah menambahkan keberadaan agam inong , diharapkan dapat menjadi figur atau icon yang mampu menjalankan fungsi dan tugasnya yaitu menjadi pelopor dalam masyarakat akan pentingnya sadar wisata, menjadi salah satu faktor dalam kemajuan dunia pariwisata,  menjadi media promosi pariwisata, dan menjadi sarana dan prasarana masyarakat untuk mengenal segala hal terkait pariwisata.

"Kita juga berharap keberadaan agam inong akan mampu merubah persepsi seluruh stakeholder dari kondisi negatif menjadi positif terhadap dunia pariwisata di Aceh Timur," katanya.

Menurut Amrullah, Penyelenggaraan pemilihan Agam Inong Duta Wisata bukan hanya untuk memilih pemenang yang hanya mampu mempromosikan daerah, akan tetapi ajang ini menjadi semangat awal untuk melangkah menjadi duta wisata Indonesia nantinya.

"Manfaatkanlah kesempatan yang ada untuk meraih keberhasilan melalui persaingan yang sehat dan saling menghargai. siapapun nantinya yang terpilih menjadi agam inong Aceh Timur tahun 2024," kata Amrullah seraya berharap pemilihan ini dapat melahirkan panutan bagi generasi muda yang akan terus berkontribusi bersama pemerintah dalam mempromosikan pariwisata unggulan Kabupaten Aceh Timur.

Kepala Disparpora Aceh Timur Syahril, S.STP, M.AP dalam laporannya menyebutkan pemilihan duta wisata Aceh Timur merupakan salah satu program kerja Dinas yang ia pimpin.

Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan setiap daerah yang dimulai dari tingkat Kabupaten, provinsi hingga Duta wisata Indonesia.

"Maka kita mulai mempersiapkan putra putri Aceh Timur yang berprestasi yang nantinya akan mewakili kabupaten Aceh Timur dalam pemilihan Agam Inong Aceh di Provinsi,"sebut Syahril.

Syahril mengaku sektor pariwisata sangat mendukung bangkitnya ekonomi masyarakat secara cepat. Maka ia menilai perlu promotor untuk memperkenalkan wajah wisata Aceh Timur untuk dilirik pendatang.

"Mengingat sektor pariwisata sangat berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat. Maka perlu kita dukung wisata dengan konsep wisata halal," demikian tutup Syahril.

Acara grand final Pemilihan Agam Inong Aceh Timur berlangsung meriah.. Hadir dalam kesempatan itu unsur Forkopimda Kabupaten Aceh Timur, Kepala Perangkat Daerah terkait, dan tamu penting lainnya.

Sementara jumlah peserta yang ikut berpartisipasi dalam proses seleksi tahun ini sebanyak 30 orang yang terdiri dari 9 orang putri dan 21 orang putra.[*]

Post a Comment

Previous Post Next Post